PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
BUDAYA MELAYU
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/
MADRASAH TSANAWIYAH
(SMP/MTs)

PEMERINTAH KOTA TANJUNGPINANG DINAS PENDIDIKAN
TAHUN 2020
Undang-undang Dasar
1945 mengamanatkan upaya untuk mencerdaskan bangsa. Juga diamanatkan agar
pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajran nasional
yang diatur dengan Undang-undang.
Pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan upaya demi
untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia
dalam mewujudkan masyarakat yang memungkinkan warganya mengembangkan diri
sebagai manusia seutuhnya.
Untuk mewujudkan
pembangunan nasional di bidang pendidikan diperlukan peningkatan dan
penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan nasional, yang disesuaikan dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian, perkembangan
masyarakat serta kebutuhan pembangunan. Dengan berlakunya Undang-undang
Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka
Kurikulum Pendidikan Dasar perlu disesuaikan dengan peraturan
perundang-undangan tersebut.
Kurikulum
Pendidikan Dasar dan Meenengah terdiri atas dua bagian, yakni Kurikulum
Nasional dan Kurikulum Muatan Lokal. Kurikulum Muatan Lokal disusun untuk
mewujudkan pelestarian dan pengembangan serta memberikan ketrampilan bagi
peserta didik sebagai pewaris budaya nenek moyang bernilai tinggi. Khususus
untuk Kota Tanjungpinang, Kurikulum Muatan Lokal mengacu pada identitasnya
sebagai Kota Berbudaya Melayu..
Mengingat bahwa
perkembangan Kurikulum Muatan Lokal dirasakan sangat penting, maka diperlukan
adanya pedoman pelaksanaan pengajaran yang disusun dalam bentuk kompetensi
dasar, silabus, prinsip-prinsip pembelajaran,
dan prinsip-prinsip penilaian yang menjadi pedoman bagi pelaksanaan
pembelajaran muatan lokal di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.
Atas dasar keperluan tersebut maka
Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pendidikan menyusun Kurikulum
Muatan Lokal. Sesuai dengan bahan kajian yang memiliki ciri khas daerah Kota
Tanjungpinang, maka dipilihlah mata pelajaran Budaya Melayu sebagai mata
pelajaran muatan lokal.
Berdasarkan Kurikulum Muatan Lokal
mata pelajaran Budaya Melayu dan Silabusnya disusunlah Pedoman Pembelajaran dan
Penilaian ini agar dapat dilaksanakan
sebaik-baiknya dengan memanfaatkan segala sumber daya.
Kepala Dinas Pendidikan
Kota Tanjungpinang
Drs. H. Atmadinata. M.Pd.
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Manfaat
C.
Sasaran Pengguna
BAB II PEMBELAJARAN BUDAYA MELAYU
A.
Deskripsi Mata
Pelajaran Budaya Melayu
B.
Capaian Mata
Pelajaran Budaya Melayu
C.
Pembelajaran Mata
Pelajaran Budaya Melayu
1. Program Tahunan dan Semester
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
D. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
E. Pembelajaran Elektronik (E-Learning)
F. Guru Budaya Melayu
BAB III PENILAIAN
A.
Perencanaan Penilaian
B.
Pelaksanaan Penilaian
C.
Pelaporan Penilaian
BAB IV PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B.
Manfaat
C. Sasaran Pengguna
BAB II
PEMBELAJARAN BUDAYA
MELAYU
A. Deskripsi Mata
Pelajaran Budaya Melayu
B. Capaian Mata
Pelajaran Budaya Melayu
C. Pembelajaran Mata
Pelajaran Budaya Melayu
1. Program Tahunan
dan Semester
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMP Kelas/Semester : IX
Mata
Pelajaran : PPKn Alokasi
Waktu : 2 pertemuan
TUJUAN PEMBELAJARAN
Mampu mengkreasikan
konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
AKTIVITAS
KEGIATAN PEMBELAJARAN
P e n d a h u l u a n ( 1 0 m e n i t )
·
Berdoa, persiapan pembelajaran, apersepsi/motivasi. Kelas dibagi menjadi
4 elompok.
K e g i a t a n I n t i ( 9 0 m e n i t )
· Peserta didik membaca buku PPKn kelas IX.
· Guru memberikan penjelasan singkat.
· Pendalaman materi dilanjutkan dengan Game Broken
Square.
·
Setiap kelompok diberikan 2 potongan gambar yang telah diacak untuk
disusun menjadi gambar utuh. Kedua gambar tersebut memiliki konten yang saling
bertolak belakang dalam kaitannya dengan upaya bela negara.
·
Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi dan menjawab permasalahan
berdasarkan kedua gambar yang dimiliki setiap kelompok. Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya.
· Guru memberikan penguatan dan tanya jawab.
· Menyimpulkan.
P e n u t u p ( 2 0 m e n i t )
· Melaksanakan tes tertulis.
· Refleksi dengan peserta didik atas manfaat
proses pembelajaran.
·
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dengan menilai
hasil pekerjaan peserta didik , serta menyampaikan rencana pembelajaran yang
akan datang.
· Do’a penutup dan salam.
PENILAIAN
·
Penilaian sikap: Menggunakan skala
sikap untuk menilai perilaku/sikap bela negara di dalamkelas.
· Penilaian
pengetahuan: tes
tertulis tentang kemampuan mengidentifikasi bentuk bela negara yang dapat
dilakukan warga negara.
·
Penilaian keterampilan:
menggunakan format penilaian untuk menilai partisipasi aktif/kerja sama dalam
kelompok
Mengetahui ......................2020
Kepala Sekolah Guru
Mata
Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK
IDENTITAS SEKOLAH :
KELAS/SEMESTER :
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA
MATERI POKOK : Menyanyikan lagu dengan
teknik pernapasan secara berkelompok dengan unisono.
WAKTU :
KELAS / SEMESTER:
VII/ GANJIL
TUJUAN PEMBELAJARAN

Memahami konsep dasar
bernyanyi satu suara dan menyanyikan lagu satu suara secara berkelompok dalam
bentuk unisono.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama dan kedua
Menonton video/observasi tentang konsep dasar
menyanyi lagu satu suara secara
berkelompok dalam bentuk unisono.
Mendiskusikan dalam kelompok tentang konsep dasar menyanyi dengan unisono.
Menganalisis teknik pernapasan dalam menyanyi kelompok bentuk unisono.
Pertemuan
ketiga dan keempat
Melakukan
Menyanyikan lagu dengan teknik vokal secara berkelompok dengan unisono.
Refleksi dan konfirmasi dilakukan baik untuk
peserta didik maupun guru terhadap
kelemahan dan kekuatan dalam pembelajaran.

PENILAIAN PEMBELAJARAN
.
Pengetahuan: Mengapa teknik pernapasan penting dalam
menyanyikan lagu?
Keterampilan: Menyanyikan lagu dengan teknik pernapasan
secara berkelompok
Sikap: Menunjukkan sikap tekun,
teliti, dan saling kerja sama.
Mengetahui ..........................2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
_________________________ __________________________
D.
Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
E.
Pembelajaran Elektronik (E-Learning)
F. Guru Budaya Melayu
BAB III
PENILAIAN
A.
Perencanaan Penilaian
B.
Pelaksanaan Penilaian
C.
Pelaporan Penilaian
BAB IV
0 komentar:
Posting Komentar