Pages

Senin, 20 April 2020



PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN

BUDAYA MELAYU

SEKOLAH DASAR/
MADRASAH IBTIDAIYAH
(SD/MI)







































PEMERINTAH KOTA TANJUNGPINANG DINAS PENDIDIKAN
TAHUN 2020


KATA PENGANTAR


Undang-undang Dasar 1945 mengamanatkan upaya untuk mencerdaskan bangsa. Juga diamanatkan agar pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajran nasional yang diatur dengan Undang-undang.  Pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan upaya demi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia seutuhnya.

Untuk mewujudkan pembangunan nasional di bidang pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan nasional, yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian, perkembangan masyarakat serta kebutuhan pembangunan. Dengan berlakunya Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka Kurikulum Pendidikan Dasar perlu disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan tersebut.
Kurikulum Pendidikan Dasar terbagi terdiri atas dua bagian, yakni Kurikulum Nasional dan Kurikulum Muatan Lokal. Kurikulum Muatan Lokal disusun untuk mewujudkan pelestarian dan pengembangan serta memberikan ketrampilan bagi peserta didik sebagai pewaris budaya nenek moyang bernilai tinggi. Khususus khususnya untuk Kota Tanjungpinang, Kurikulum Muatan Lokal mengacu pada identitasnya sebagai Kota Berbudaya Melayu..

Mengingat bahwa perkembangan Kurikulum Muatan Lokal dirasakan sangat penting, maka diperlukan adanya pedoman pelaksanaan pengajaran yang disusun dalam bentuk kompetensi dasar, silabus, prinsip-prinsip pembelajaran,  dan prinsip-prinsip penilaian yang menjadi pedoman bagi pelaksanaan pembelajaran muatan lokal di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Atas dasar keperluan tersebut maka Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pendidikan menyusun Kurikulum Muatan Lokal. Sesuai dengan bahan kajian yang memiliki ciri khas daerah Kota Tanjungpinang, maka dipilihlah mata pelajaran Budaya Melayu sebagai mata pelajaran muatan lokal.

Berdasarkan Kurikulum Muatan Lokal mata pelajaran Budaya Melayu dan Silabusnya disusunlah Pedoman Pembelajaran dan Penilaian ini  agar dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dengan memanfaatkan segala sumber daya.


Kepala Dinas Pendidikan

Kota Tanjungpinang


Drs. H. Atmadinata. M.Pd.


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

B.     Manfaat  

C.     Sasaran Pengguna 


BAB II  PEMBELAJARAN BUDAYA MELAYU

A.    Deskripsi Mata Pelajaran Budaya Melayu
B.     Capaian Mata Pelajaran Budaya Melayu
C.     Pembelajaran Mata Pelajaran Budaya Melayu
1. Program Tahunan dan Semester
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
       D.  Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
       E.  Pembelajaran Elektronik (E-Learning)
       F.  Guru Budaya Melayu


BAB III PENILAIAN

A.    Perencanaan Penilaian

B.     Pelaksanaan Penilaian

C.     Pelaporan Penilaian


BAB IV PENUTUP 






















BAB I

PENDAHULUAN



A.  Latar Belakang








B.  Manfaat 










C.   Sasaran Pengguna 




      



BAB II



PEMBELAJARAN BUDAYA MELAYU





A.    Deskripsi Mata Pelajaran Budaya Melayu







B.     Capaian Mata Pelajaran Budaya Melayu







C.    Pembelajaran Mata Pelajaran Budaya Melayu





1. Program Tahunan dan Semester



2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SD: ...
PERIODE: Minggu 1 Agustus
GURU KELAS:
KELAS/SEMESTER: II/1:
TEMA: HIDUP RUKUN DI SEKOLAH
TUJUAN PEMBELAJARAN
PPKn
1.       Menceritakan lambang Burung Garuda dan lambang butir Pancasila dengan sungguh-sungguh.

2.      Menyajikan pengalaman tentang hidup rukun dan persatuan Indonesia

Bahasa Indonesia
1.    Menunjukkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam teks cerita

2.    Memeragakan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam naskah bermain peran dengan bahasa yang santun

Matematika
1.         Menulis bilangan cacah sampai angka 999

2.         Melakukan operasi pengurangan dan penjumlahan dengan memahami nilai tempat


Budaya Melayu
1.  Menggambar imajinatif ....
 2.  ....










KEGIATAN PEMBELAJARAN
-       Mengabar lambang sila dalam Pancasila

-            Menceritakan tentang rantai baja dan persatuan

-            Bermain peran tentang hidup rukun teman pada kegiatan sehari-hari

-            Melakukan operasi hitung bilangan cacah

-            Bercerita keluarga Itik yang rukun

-            Melakukan refeksi
ASESMEN
Penetahuan
Keterampilan
Sikap
Ø  PPengetahuan (lambang sila dan - Pengetahuan (kesesuain tema,                                                      Soal cerita operasi pengurangan
butir sila Pancasila)
Ø  PPengetahuan (kesesuain tema ajakan,penolakan dengan santun
Ø  SSoal cerita operasi pengurangan bilangan cacah sampai angka 999
Ø  Keterampilan (keindahan dan kerapian, proporsi)
Ø  Keterampilan (lues, penjiwaan, materi)
Ø  SSikap tepat waktu, ketekunan, menghargaikeselamatan kerja. kekompakan



Contoh    Kegiatan Pembelajaran PPKn dan Seni Budaya dan Prakarya

    Menyayikan lagu Garuda Pancasila

    Menyimak penjelasan guru tentang dasar Negara Pancasila dan lambang Garuda Pancasila

    Menulis teks Pancasila

    Menentukan gambar lambang sila dari 5 lambang sila dalam Pancasila

    Mengambar sketsa lambang sila Pancasila yang akan dibuat

    Melakukan pewarnaan gambar lambang sila Pancasila

    Melakukan evaluasi diri mengenai kekuatan dan kelemahan gambar yang dibuat dengan bantuan guru melalui pertanyaan, misalkan apakah gambar sudah bersih dan rapi, apakah bentuk proporsi sudah sesuai dengan medianya dan lain sebagainya

    Mengambar inajinatif lambang sila dalam pacasila atas perbaikan dari hasil evaluasi diri dan refleksi
Asesmen

·    Mencakup sikap , pengetahuan dan keterampilan

·    Sikap diobservasi selama membuat karya gambar Imajinatif

·    Pemahaman tentang perlunya hidup rukun atar teman dalam bermain , pemahaman lambang sila dalam Pancasila

·    Terampil menggambar imajinatif tentang ....



D.  Sumber Belajar dan Media Pembelajaran





E.  Pembelajaran Elektronik (E-Learning)



 F.  Guru Budaya Melayu









BAB III



PENILAIAN











A.  Perencanaan Penilaian

























B.  Pelaksanaan Penilaian



























C.  Pelaporan Penilaian

































BAB IV


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons