PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
BUDAYA MELAYU
TAMAN KANAK-KANAK/
RAUDLATUL ATHFAL
(TK/RA)

PEMERINTAH KOTA TANJUNGPINANG DINAS PENDIDIKAN
TAHUN 2020
Undang-undang Dasar
1945 mengamanatkan upaya untuk mencerdaskan bangsa. Juga diamanatkan agar
pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajran nasional
yang diatur dengan Undang-undang.
Pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan upaya demi
untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia
dalam mewujudkan masyarakat yang memungkinkan warganya mengembangkan diri
sebagai manusia seutuhnya.
Untuk mewujudkan
pembangunan nasional di bidang pendidikan diperlukan peningkatan dan
penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan nasional, yang disesuaikan dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian, perkembangan
masyarakat serta kebutuhan pembangunan. Dengan berlakunya Undang-undang
Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka
Kurikulum Pendidikan Dasar perlu disesuaikan dengan peraturan
perundang-undangan tersebut.
Kurikulum
Pendidikan Dasar terdiri atas dua bagian, yakni yang terdiri atas Kurikulum
Nasional dan Kurikulum Muatan Lokal. Kurikulum Muatan Lokal disusun untuk
mewujudkan pelestarian dan pengembangan serta memberikan ketrampilan bagi
peserta didik sebagai pewaris budaya nenek moyang bernilai tinggi. Khususus
untuk Kota Tanjungpinang, Kurikulum Muatan Lokal mengacu pada identitasnya
sebagai Kota Berbudaya Melayu..
Mengingat bahwa
perkembangan Kurikulum Muatan Lokal dirasakan sangat penting, maka diperlukan
adanya pedoman pelaksanaan pengajaran yang disusun dalam bentuk kompetensi
dasar, silabus, prinsip-prinsip pembelajaran,
dan prinsip-prinsip penilaian yang menjadi pedoman bagi pelaksanaan
pembelajaran muatan lokal di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.
Atas dasar keperluan tersebut maka
Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pendidikan menyusun Kurikulum
Muatan Lokal. Sesuai dengan bahan kajian yang memiliki ciri khas daerah Kota
Tanjungpinang, maka dipilihlah mata pelajaran Budaya Melayu sebagai mata
pelajaran muatan lokal.
Berdasarkan Kurikulum Muatan Lokal
mata pelajaran Budaya Melayu dan Silabusnya disusunlah Pedoman Pembelajaran dan
Penilaian ini agar dapat dilaksanakan
sebaik-baiknya dengan memanfaatkan segala sumber daya.
Kepala Dinas Pendidikan
Kota Tanjungpinang
Drs. H. Atmadinata. M.Pd.
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Manfaat
C.
Sasaran Pengguna
BAB II PEMBELAJARAN BUDAYA MELAYU
A.
Deskripsi Mata
Pelajaran Budaya Melayu
B.
Capaian Mata
Pelajaran Budaya Melayu
C.
Pembelajaran Mata
Pelajaran Budaya Melayu
1. Program Tahunan dan Semester
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan dan Harian
D. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
E. Pembelajaran Elektronik (E-Learning)
F. Guru Budaya Melayu
BAB III PENILAIAN
A.
Perencanaan Penilaian
B.
Pelaksanaan Penilaian
C.
Pelaporan Penilaian
BAB IV PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Manfaat
C. Sasaran Pengguna
BAB II
PEMBELAJARAN BUDAYA
MELAYU
A.
Deskripsi Mata Pelajaran Budaya Melayu
B.
Capaian Mata Pelajaran Budaya Melayu
C.
Pembelajaran Mata Pelajaran Budaya Melayu
1. Program Tahunan
dan Semester
2. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Minguan dan Harian
Contoh Format
RPPM-RPPH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
MODEL KELOMPOK
|
|||||||||
SEMESTER/MINGGU
1/1
|
TEMA/SUBTEMA
Diriku/Identitasku
|
KELOMPOK
TK A
|
ALOKASI WAKTU
120 menit/hari
|
||||||
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mengenal ciptaan Tuhan
2. Menunjukkan perilaku baik di lingkungan keluarga
3. Mengenal diri sendiri, orang tua, anggota keluarga
4. Mengenal tempat dan identitas diri melalui berbagai karya
|
|||||||||
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
|||||
1. Mewarnai gambar
anak laki-laki/perempuan
2. Menghitung teman
yang laki-laki dan yang perempuan
3. Menyebutkan nama
panggilannya
4. Meniru huruf awal
nama anggota keluarga
|
1. Mengelompok-kan gambar anak sesuai jenis
kelaminnya
2. Menyebutkan perbedaan anak laki-laki dan
anak perempuan
3. Membuat bentuk orang dengan plastisin
|
1. Bercerita tentang cara merawat tubuh diri sendiri
2. Menggunting gambar mainan kesukaan
3. Membilang dengan mainan kesukaan
|
1.
Menghiasi kue ulang tahun
2.
Menyusun puzzle anggota keluarga (3keping)
3.
Menyambung titik angka sesuai usia anak
|
1. Membuat coretan bentuk jalan dari rumah
ke sekolah
2. Menyebutkan alamat rumah
3. Menghitung jumlah anggota keluarga
|
|||||
PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||
1.
Menyebut identitas diri lengkap dengan berani tampil di depan temannya
2.
Menyebutkan perbedaan anak laki-laki dan anak perempuan
3.
Menyebutkan alamat rumah
4.
Menyebutkan cara-cara merawat tubuh sendiri
5.
Menghitung jumlah anggota keluarga
6.
Menghitung teman yang laki-laki dan yang perempuan di kelas
|
1.
Mewarnai gambar anak laki-laki dan perempuan
2.
Meniru huruf awal nama anggota keluarga
3.
Mengelompokkan gambar anak sesuai jenis kelaminnya
4.
Membuat bentuk orang dengan plastisin
5.
Menggunting gambar mainan kesukaan
6.
Membilang dengan mainan kesukaan
7.
Menghiasi kue ulang tahun
8.
Menyusun puzzle anggota keluarga
9.
Menyambung titik angka sesuai usia anak
10.
Membuat coretan bentuk jalan dari rumah ke sekolah
|
1. Kemandirian
2. Percaya diri
|
|||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
MODEL AREA
|
|||||||||
SEMESTER/MINGGU
1/1
|
TEMA/SUBTEMA
|
KELOMPOK
TK A/B
|
ALOKASI WAKTU
120 menit/hari
|
||||||
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||
SENIN
(Area Seni)
|
SELASA
(Area Bahan Alam)
|
RABU
(Area Bermain Peran)
|
KAMIS
(Area Persiapan)
|
JUMAT
(Area Balok)
|
|||||
PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
MODEL SENTRA
|
|||||||||
SEMESTER/MINGGU
1/1
|
TEMA/SUBTEMA
|
KELOMPOK
TK A/B
|
ALOKASI WAKTU
120 menit/hari
|
||||||
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||
SENIN
(Sentra Seni)
|
SELASA
(Sentra Bahan Alam)
|
RABU
(Sentra Bermain Peran)
|
KAMIS
(Sentra Persiapan)
|
JUMAT
(Sentra Balok)
|
|||||
PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||
D.
Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
E.
Pembelajaran Elektronik (E-Learning)
F.
Guru Budaya Melayu
BAB III
PENILAIAN
A.
Perencanaan Penilaian
B.
Pelaksanaan Penilaian
C.
Pelaporan Penilaian
BAB IV
PENUTUP
0 komentar:
Posting Komentar