Pages

Senin, 20 April 2020



PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN

BUDAYA MELAYU

TAMAN KANAK-KANAK/
RAUDLATUL ATHFAL
(TK/RA)







































PEMERINTAH KOTA TANJUNGPINANG DINAS PENDIDIKAN
TAHUN 2020


KATA PENGANTAR


Undang-undang Dasar 1945 mengamanatkan upaya untuk mencerdaskan bangsa. Juga diamanatkan agar pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajran nasional yang diatur dengan Undang-undang.  Pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan upaya demi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia seutuhnya.

Untuk mewujudkan pembangunan nasional di bidang pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan nasional, yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian, perkembangan masyarakat serta kebutuhan pembangunan. Dengan berlakunya Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka Kurikulum Pendidikan Dasar perlu disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan tersebut.
Kurikulum Pendidikan Dasar terdiri atas dua bagian, yakni yang terdiri atas Kurikulum Nasional dan Kurikulum Muatan Lokal. Kurikulum Muatan Lokal disusun untuk mewujudkan pelestarian dan pengembangan serta memberikan ketrampilan bagi peserta didik sebagai pewaris budaya nenek moyang bernilai tinggi. Khususus untuk Kota Tanjungpinang, Kurikulum Muatan Lokal mengacu pada identitasnya sebagai Kota Berbudaya Melayu..

Mengingat bahwa perkembangan Kurikulum Muatan Lokal dirasakan sangat penting, maka diperlukan adanya pedoman pelaksanaan pengajaran yang disusun dalam bentuk kompetensi dasar, silabus, prinsip-prinsip pembelajaran,  dan prinsip-prinsip penilaian yang menjadi pedoman bagi pelaksanaan pembelajaran muatan lokal di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Atas dasar keperluan tersebut maka Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pendidikan menyusun Kurikulum Muatan Lokal. Sesuai dengan bahan kajian yang memiliki ciri khas daerah Kota Tanjungpinang, maka dipilihlah mata pelajaran Budaya Melayu sebagai mata pelajaran muatan lokal.

Berdasarkan Kurikulum Muatan Lokal mata pelajaran Budaya Melayu dan Silabusnya disusunlah Pedoman Pembelajaran dan Penilaian ini  agar dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dengan memanfaatkan segala sumber daya.


Kepala Dinas Pendidikan

Kota Tanjungpinang


Drs. H. Atmadinata. M.Pd.


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

B.     Manfaat  

C.     Sasaran Pengguna 


BAB II  PEMBELAJARAN BUDAYA MELAYU

A.    Deskripsi Mata Pelajaran Budaya Melayu
B.     Capaian Mata Pelajaran Budaya Melayu
C.     Pembelajaran Mata Pelajaran Budaya Melayu
1. Program Tahunan dan Semester
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  Mingguan dan Harian
       D.  Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
       E.  Pembelajaran Elektronik (E-Learning)
       F.  Guru Budaya Melayu


BAB III PENILAIAN

A.    Perencanaan Penilaian

B.     Pelaksanaan Penilaian

C.     Pelaporan Penilaian


BAB IV PENUTUP 










BAB I



PENDAHULUAN





A.  Latar Belakang



      

























     B.  Manfaat 



      















            C.   Sasaran Pengguna 







































BAB II 



PEMBELAJARAN BUDAYA MELAYU





A.                 Deskripsi Mata Pelajaran Budaya Melayu















B.                  Capaian Mata Pelajaran Budaya Melayu









C.                 Pembelajaran Mata Pelajaran Budaya Melayu







1. Program Tahunan dan Semester





2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minguan dan Harian























Contoh Format RPPM-RPPH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
MODEL KELOMPOK
SEMESTER/MINGGU

                  1/1
TEMA/SUBTEMA

Diriku/Identitasku
KELOMPOK

TK A
ALOKASI WAKTU

120 menit/hari
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mengenal ciptaan Tuhan
2. Menunjukkan perilaku baik di lingkungan keluarga
3. Mengenal diri sendiri, orang tua, anggota keluarga
4. Mengenal tempat dan identitas diri melalui berbagai karya
KEGIATAN PEMBELAJARAN
SENIN
SELASA
RABU
KAMIS
JUMAT
1.   Mewarnai gambar anak laki-laki/perempuan
2.   Menghitung teman yang laki-laki dan yang perempuan
3.   Menyebutkan nama panggilannya
4.   Meniru huruf awal nama anggota keluarga
1.    Mengelompok-kan gambar anak sesuai jenis kelaminnya
2.    Menyebutkan perbedaan anak laki-laki dan anak perempuan
3.    Membuat bentuk orang dengan plastisin
1. Bercerita tentang cara merawat tubuh diri sendiri
2. Menggunting gambar mainan kesukaan
3. Membilang dengan mainan kesukaan
1.  Menghiasi kue ulang tahun
2.  Menyusun puzzle anggota keluarga (3keping)
3.  Menyambung titik angka sesuai usia anak
1. Membuat coretan bentuk jalan dari rumah ke sekolah
2. Menyebutkan alamat rumah
3. Menghitung jumlah anggota keluarga
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.   Menyebut identitas diri lengkap dengan berani  tampil di depan temannya
2.   Menyebutkan perbedaan anak laki-laki dan anak perempuan
3.   Menyebutkan alamat rumah
4.   Menyebutkan cara-cara merawat tubuh sendiri
5.   Menghitung jumlah anggota keluarga
6.   Menghitung teman yang laki-laki dan yang perempuan di kelas
1.   Mewarnai gambar anak laki-laki dan perempuan
2.   Meniru huruf awal nama anggota keluarga
3.   Mengelompokkan gambar anak sesuai jenis kelaminnya
4.   Membuat bentuk orang dengan plastisin
5.   Menggunting gambar mainan kesukaan
6.    Membilang dengan mainan kesukaan
7.    Menghiasi kue ulang tahun
8.    Menyusun puzzle anggota keluarga
9.   Menyambung titik angka sesuai usia anak
10.  Membuat coretan bentuk jalan dari rumah ke sekolah
1.  Kemandirian
2.  Percaya diri















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
MODEL AREA
SEMESTER/MINGGU

                  1/1
TEMA/SUBTEMA


KELOMPOK

TK  A/B
ALOKASI WAKTU

120 menit/hari
TUJUAN PEMBELAJARAN




KEGIATAN PEMBELAJARAN
SENIN
(Area Seni)
SELASA
(Area Bahan Alam)
RABU
(Area Bermain Peran)
KAMIS
(Area Persiapan)
JUMAT
  (Area Balok)









PENILAIAN PEMBELAJARAN











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
MODEL SENTRA
SEMESTER/MINGGU

                  1/1
TEMA/SUBTEMA


KELOMPOK

TK  A/B
ALOKASI WAKTU

120 menit/hari
TUJUAN PEMBELAJARAN



KEGIATAN PEMBELAJARAN
SENIN
(Sentra Seni)
SELASA
(Sentra Bahan Alam)
RABU
(Sentra Bermain Peran)
KAMIS
(Sentra Persiapan)
JUMAT
  (Sentra Balok)









PENILAIAN PEMBELAJARAN















     

     D.  Sumber Belajar dan Media Pembelajaran





       E.  Pembelajaran Elektronik (E-Learning)





       F.  Guru Budaya Melayu

























































































BAB III



PENILAIAN











A.      Perencanaan Penilaian

















B.       Pelaksanaan Penilaian















C.       Pelaporan Penilaian















































BAB IV



PENUTUP

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons